Berat Badan Si Kecil Tidak Bertambah, Apakah Akibat Kualitas ASI Buruk?

Ibu pasti ingin si kecil tumbuh dengan baik. Bisa terpenuhi semua kebutuhan nutrisinya. Saat berat badan bayi tidak bertambah-tambah, akan membuat ibu menjadi khawatir. Apakah berat badan si kecil yang tidak bertambah, dikarenakan kualitas asi yang buruk? Sampai akhirnya ibu memilih untuk mengganti dengan susu formula, supaya berat badan si kecil bisa bertambah dengan baik. Untuk lebih jelasnya kita akan membahas semua hal dibawah ini.

Cara Mengetahui Kualitas ASi Buruk?

Setelah proses melahirkan, tubuh ibu secara otomatis akan memproduksi asi untuk makanan di kecil. Karena tubuh memprioritaskan produksi asi, maka kualitasnya tidak mungkin buruk. Walaupun anda kekurangan gizi sekalipun. Tubuh anda memiliki cadangan gizi yang bisa menghasilkan asi yang berkualitas. Jadi bisa disimpulkan bahwa semua ibu pasti menghasilkan asi yang berkualitas.

Berat badan bayi yang tidak bertambah memang bisa disebabkan oleh kualitas air susu ibu yang kurang baik. Tapi kualitas yang buruk, juga dipengaruhi oleh banyak hal. Tidak hanya makanan saja. Selain itu berat badan bayi yang tidak bertambah, juga tidak disebabkan oleh kualitas air susu asi saja. Karena bisa disebabkan oleh faktor lainnya,

Faktor Penyebab Si Kecil Mengalami Gangguan Pertumbuhan

Bayi yang diberikan asi eksklusif tidak akan mengalami gangguan pertumbuhan. Karena asi digunakan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi si kecil. Tapi bila si kecil sudah diberikan asi berkualitas dan eksklusif mungkin ada faktor lain yang menyebabkan hal itu. Selain kualitas asi berikut ini beberapa faktor yang menyebabkan gangguan pertumbuhan bayi

     Penyakit infeksi yang disebabkan oleh faktor luas. Namun justru asi yang bisa membuat sistem kekebalan bayi meningkat dan terhindar dari penyakit infeksi.

     Terjadi masalah di saluran pencernaan. Bayi yang mengalami masalah pencernaan, tidak bisa menyerap nutrisi dengan baik sehingga berat badannya tidak bertambah.

     Durasi menyusui yang kurang, sehingga makanan yang ia konsumsi kurang dan nutrisi tidak terpenuhi dengan baik

     Kuantitas asi yang berkurang, sehingga si kecil tidak menyusui dengan baik. Ibu sulit untuk memproduksi asi dalam jumlah banyak. Oleh karena itu ibu harus memperhatikan kuantitas asinya dengan konsumsi makanan yang memperlancar asi.

Cara Meningkatkan Kualitas ASI

Walaupun tubuh sudah menjamin kualitas dari asi anda. Namun tidak ada salahnya untuk memenuhi kebutuhan nutrisi dari makanan. Berikut ini beberapa cara meningkatkan kualitas dari asi yang bisa anda lakukan.

     Memastikan konsumsi gizi yang seimbang

Asi yang diproduksi tubuh sudah mengandung gizi lengkap. Untuk meningkatkan giizinya, anda harus konsumsi makanan yang mengandung gizi seimbang. Anda bisa konsumsi makanan yang mengandung lemak baik. Seperti alpukat, kacang-kacangan, biji-bijian dan lainnya. Dengan perbanyak konsumsi makanan yang mengandung lemak baik, bisa membuat tubuh bayi semakin meningkat,

     Konsumsi makanan yang memenuhi kebutuhan kalori

Tidak hanya gizi yang harus diperhatikan tapi juga kalori yang terdapat di makanan tersebut. Ibu menyusui membutuhkan kalori yang lebih tinggi dibandingkan wanita tidak menyusui. Dengan memenuhi kebutuhan kalori, akan membuat asi semakin berkualitas dan banyak. Sehingga bayi bisa mencukupi semua kebutuhan nutrisinya.

Untuk memperlancar produksi asi, anda bisa konsumsi saripati ayam. Produk ini mengandung protein tinggi yang baik untuk produksi asi. Asi tidak hanya lancar tapi juga berkualitas. Bayi akan mendapatkan kualitas asi yang baik dan tumbuh dengan maksimal. Berat badan pun akan terus bertambah dengan baik. Sekian artikel kali ini, semoga bermanfaat,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *